Perhitungan dengan Formula dan Fungsi “COUNT dan SUM” pada Excel”.

Masalah Umum Masalah Apa yang salah Nilai yang salah dikembalikan untuk string yang panjang. Fungsi COUNTIF akan menghasilkan hasil yang tidak benar ketika Anda menggunakannya untuk mencocokkan string yang lebih dari 255 karakter. Untuk mencocokkan string yang lebih panjang dari 255 karakter, gunakan fungsi CONCATENATE atau operator concatenate &;. Misalnya, =COUNTIF(A2:A5,”long string”&”another long string”). Tidak ada nilaiContinue reading “Perhitungan dengan Formula dan Fungsi “COUNT dan SUM” pada Excel”.”

KONSEP SISTEM TERBUKA DAN TERTUTUP PADA ORGANISASI DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN

Sistem Tertutup dan Terbuka             Sebuah sistem tertutup dalam fisika didefinisikan sebagai sebuah sistem yang mandiri. Sistem ini tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungannya. Sebuah contoh adalah sebuah reaksi kimia di dalam sebuah tabung berisolasi dan tertutup. Sistem tertutupnmacam itu akhirnya akan melemah atau bercerai berai. Gerakan menuju perpecahan ini disebut “peningkatan entropi”.Continue reading “KONSEP SISTEM TERBUKA DAN TERTUTUP PADA ORGANISASI DAN MANAJEMEN PERUSAHAAN”

KOMPONEN DAN APLIKASI SISTEM PAKAR

KOMPONEN SISTEM PAKAR Komponen-komponen yang terdapat pada arsitektur atau struktur sistem pakar. 1. Akuisisi pengetahuan Akuisisi pengetahuan adalah transfer, transformasi keahlian, dan akumulasi keahlian dalam menyelesaikan masalah dari sumber pengetahuan pada program komputer. Dalam tahap ini juga Knowlegde Engineer akan berusaha menyerap pengetahuan yang di mana selanjutnya akan di transfer dalam basis pengetahuan.Berikut adalah yangContinue reading “KOMPONEN DAN APLIKASI SISTEM PAKAR”

SISTEM PAKAR

APA ITU SISTEM PAKAR? (EXPERT SYSTEM) Sistem Pakar (Expert Systemi), yaitu program konsultasi (advisory) yang mencoba menirukan proses penalaran seorang pakar/ahli dalam memecahkan masalah yang rumit. Sistem Pakar merupakan aplikasi AI yang paling banyak. Sistem Pakar (Expert System) juga adalah usaha untuk menirukan seorang pakar. Biasanya Sistem Pakar berupa perangkat lunak pengambil keputusan yang mampuContinue reading “SISTEM PAKAR”

Design a site like this with WordPress.com
Get started